Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2017

Font Size: 
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KINERJA TENAGA KESEHATAN DENGAN KOMUNIKASI TERINTEGRASI DAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP SEBAGAI INTERVENING (studi pada RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten)
Saryadi Saryadi, Rahaju Mulyo Wulandari

Last modified: 2017-11-02

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan memberikan bukti empiris signifkansi pengaruh langsung dan tidak langsung Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Tenaga Kesehatan Dengan Komunikasi Terintegrasi Dan Kepuasan Pasien Rawat Inap Sebagai Intervening. Metode pengambilan sampel digunakan accidental random sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan untuk kuesioner diuji dengan validitas dan reliabilitas, pengujian hipotesis dengan uji linieritas, analisis jalur, uji t, koefisien determinasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan 1) reliability berpengaruh signifikan terhadap komunikasi terintegrasi, 2) assurance berpengaruh signifikan terhadap komunikasi terintegrasi, 3) emphaty berpengaruh signifikan terhadap komunikasi terintegrasi, 4) tangible berpengaruh signifikan terhadap komunikasi terintegrasi 5) Responsiveness berpengaruh tidak signifikan terhadap komunikasi terintegrasi. 6) reliability berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien., 7) responsiveness berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien., 8) assurance berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien., 9) emphaty berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien., 10) tangible berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. 11) Reliability berpengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga kesehatan, 12) emphaty berpengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga kesehatan 13) tangibles berpengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga kesehatan. 14) responsiveness berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja tenaga kesehatan 15) assurance berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja tenaga kesehatan, 16) komunikasi terintegrasi berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja tenaga kesehatan 17) kepuasan pasien berpengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga kesehatan. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa pengaruh langsung emphaty terhadap kinerja tenaga kesehatan merupakan jalur paling dominan dan merupakan jalur paling efektif.
Kata kunci : kinerja, kualitas pelayanan, komunikasi terintegrasi, dan kepuasan pasien

Full Text: PDF 105-113