Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN 2013

Font Size: 
Pentingnya Pelayanan BK Dalam Pengembangan Kurikulum 2013 Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah
Siti Fitriana

Last modified: 2013-12-13

Abstract


Pendidikan di Indonesia saat ini belumlah optimal dan masih sangat jauh dari yang diharapkan. Hal ini bisa dilihat dari perbandingan pendidikan kita dengan negara-negara lain dari waktu ke waktu selalu mengalami penuruan. Meskipun banyak di antara peserta didik yang memenangi berbagai ajang olimpiade akademik, juga banyak di antara peserta didik yang mempunyai posisi penting di beberapa perusahaan global, tetapi prestasi tersebut lebih disebabkan karena faktor individual, bukan hasil dari program yang dijalankan secara nasional. Satu hal yang sering dilupakan adalah proses pembentukan pribadi, proses pendampingan pribadi, pengasahan nilai-nilai kehidupan (values) dan pemeliharaan kepribadian (cura personalis) siswa. Akibatnya adalah banyak penilaian yang menganggap bahwa secara hard skills siswa Indonesia tidak kalah dengan negara lain, tetapi secara soft skills. Dilihat dari kacamata teoritis maupun empiris, tampaknya tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pendidikan karakter saat ini telah menjadi kebutuhan mendesak di negeri ini.Karakter merupakan nilainilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat.Dalam upaya membangun karakter sebagai suatu keutuhan perkembangan,sesuai dengan arahan Pasal 4 (3) UU No. 20/2003, Kurikulum 2013 menekankan pembelajaran sebagai proses pemberdayaan dan pembudayaan. Dalam konteks ini kolaborasi guru bimbingan dan konseling dengan guru mata pelajaran hendaknya terjadi dalam konteks yang lebih luas yang diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
Kata-kata Kunci: Pelayanan BK, Kurikulum 2013, Mutu Pendidikan

Full Text: PDF