Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS & ENTREPRENEURSHIP V 2018

Font Size: 
Evaluasi Metode Pelacakan pada OpenSpace 3D untuk Pengembangan Pembelajaran Komunikasi bagi Anak Autis Berbasis Augmented Reality
. Taryadi, Ichwan Kurniawan, Sattriedi Wahyu Binabar

Last modified: 2018-11-07

Abstract


Aplikasi Augmented Reality (AR) telah banyak diterapkan di berbagai bidang, salah satunya yaitu sebagai aplikasi pembelajaran bagi anak autis. Beberapa penelitian mengenai aplikasi AR sebagai media pembelajaran telah dilakukan. Aplikasi AR tidak hanya menampilkan media gambar saja tetapi juga dikembangkan menjadi aplikasi yang interaktif. Salah satu hal yang penting dalam aplikasi AR adalah metode pelacakan obyek yang akan ditampilkan. Beberapa metode pelacakan telah banyak digunakan dalam pengembangan AR. Open Space 3D dinilai sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pengembangan aplikasi pembelajaran komunikasi bagi anak autis dengan metode pelacakan berbasis marker pada ponsel cerdas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa jarak ideal untuk membaca marker adalah 7.5 cm dan maksimal 80 cm.5 cm dengan intensitas cahaya 97 lux – 1605 lux sistem augmented reality dapat memunculkan objek virtual 3D dengan baik.

Kata Kunci : augmented reality, pelacakan, autis, Open Space 3D.


Full Text: PDF