Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS & ENTREPRENEURSHIP V 2018

Font Size: 
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Adiwiyata dengan Pendekatan SETS bagi Siswa Sekolah Dasar
Roie Megeron, Arfilia Wijayanti, Moh. Aniq Khairul Basyar

Last modified: 2018-11-07

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui kebutuhan siswa akan pembelajaran tematik berbasis adiwiyata, (2) memaparkan perencanaan dan pengembangan awal bahan ajar berbasis adiwiyata dengan pendekatan SETS berdasarkan analisis kebutuhan siswa, (3) mengetahui kelayakan bahan ajar berbasis adiwiyata dengan pendekatan SETS menurut ahli, guru, serta siswa, (4) menghasilkan bahan ajar berbasis adiwiyata dengan pendekatan SETS yang layak digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, Research and Development (R & D), yang mengacu pada model Borg and Gall. Penelitian ini terbagi atas tiga tahap, tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap penerapan. Tahap pendahuluan merupakan observasi kondisional pembelajaran tematik. Tahap pengembangan merupakan upaya mendapatkan bahan ajar yang layak. Tahap penerapan merupakan penerapan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan (1) siswa memerlukan bahan ajar berbasis adiwiyata dengan pendekatan SETS. (2) perencanaan dan pengembangan bahan ajar disesuaikan dengan temuan dari analisis kebutuhan, dengan meramu bahan ajar berbasis adiwiyata dengan pendekatan SETS menjadi satu kesatuan. (3) Hasil review dari ahli materi, ahli pembelajaran SETS, ahli lingkungan dan guru sebagai validator pengguna menyatakan bahwa produk yang dikembangkan sudah layak memperlihatkan peningkatan total poin validasi pakar menjadi 178 mencapai persentase 94,68% dengan kriteria sangat baik. Hasil uji readability dan uji legibility siswa memperlihatkan bahwa siswa memberikan tanggapan sangat baik dengan persentase 87,5% dan 87,19%. Hasil respon pengguna bahan ajar untuk uji lapangan memperlihatkan bahwa pengguna bahan ajar memberikan respon sangat baik dengan persentase 93,33%. (4) produk akhir berupa bahan ajar tema 3 subtema 3 Ayo Cinta Lingkungan Kelas IV berbasis adiwiyata dengan pendekatan SETS .

Kata Kunci: adiwiyata, bahan ajar, penelitian pengembangan, pendekatan SETS.

Full Text: PDF