Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS DAN ENTREPRENEURSHIP IV TAHUN 2017

Font Size: 
Pengaruh Media Katalog terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Regulasi di SMA
Susi Fatmasari, Endah Rita Sulistya Dewi, Praptining Rahayu

Last modified: 2017-10-25

Abstract


Abstrak - Penelitian tentang “Pengaruh Media Katalog Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Regulasi Di SMA“. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media katalog terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem regulasi kelas XI SMA N 1 Tahunan. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Tahunan yang terdiri atas 6 kelas dan berjumlah 220 siswa, dan sebagai sampelnya yaitu kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 6 yang diambil secara cluster random sampling. Tekhnik pengumpulan data dengan tekhnik tes. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pemahaman konsep siswa kelas eksperimen sebesar 79.3 dan kelas kontrol sebesar 74.7, untuk nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 82.4, dan kelas kontrol sebesar 77.0. Hasil uji t pada pemahaman konsep dan kemampuan Berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan adanya perbedaan signifikan. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media katalog pada materi regulasi berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa SMA.

Kata Kunci : Media katalog, pemahaman konsep, berpikir kritis.

Full Text: PDF