Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS DAN ENTREPRENEURSHIP IV TAHUN 2017

Font Size: 
Rancang Bangun Media Pembelajaran Storytelling di dalam Memacu Minat Berbahasa Inggris pada Siswa Taman Kanak-Kanak
Albert Santoso, Indriani Triandjojo

Last modified: 2017-10-25

Abstract


Abstrak - Di era globalisasi, penggunaan bahasa inggris sangat dibutuhkan baik di dalam dunia pendidikan, dunia kerja, maupun dunia teknologi. Memberikan pendidikan bahasa inggris pada anak usia dini adalah waktu yang tepat karena memberikan pembelajaran makin awal, makin baik hasil yang akan diperoleh. Untuk dapat meningkatkan kemampuan berbahasa inggris pada anak usia dini, diperlukan media yang interaktif agar dapat menarik minat anak untuk belajar. Menyingkapi hal tersebut perlu dibuat adanya aplikasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik Taman Kanak-Kanak, karena bermain merupakan wahana belajar bagi anak. Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan permasalahan ini yaitu membangun rancangan media pembelajaran berupa storytelling education. Tujuan yang ingin dicapai adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis flash  untuk siswa Taman Kanak-Kanak. Tujuan khusus yang akan dihasilkan adalah memberikan solusi untuk mengoptimalkan kemampuan kecakapan berbahasa inggris anak pada usia dini melalui media pembelajaran bahasa inggris berbasis flash. Metode yang digunakan adalah Research and Development yang mengembangkan media pembelajaran bahasa inggris berbasis audio dan visual. Berbekal kemampuan tersebut diharapkan anak dapat menghadapi perkembangan dunia dan menjadi manusia yang lebih berkualitas. Hasil penelitian ini yaitu media pembelajaran interaktif berbasis audio dan visual.

Kata Kunci : Storytelling Education, Media Pembelajaran, Pembelajaran Interaktif, Flash

Full Text: PDF