Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS DAN ENTREPRENEURSHIP IV TAHUN 2017

Font Size: 
Implementasi Praktikum Botani Tumbuhan Rendah Berbasis “Small Research Project” untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi
Wachidatul Linda Yuhanna, Raras Setyo Retno

Last modified: 2017-10-25

Abstract


Abstrak - Salah satu kompetensi yang diharapkan dari lulusan Program Studi Pendidikan Biologi adalah kemampuan menganalisis suatu permasalahan dengan menggunakan scientific approach. Kondisi di lapangan menunjukkan mahasiswa kurang mempunyai penguasaan dalam metode ilmiah dan sikap ilmiah. Mahasiswa kurang antusias dalam pembelajaran interaktif, diskusi presentasi, penyampaian ide, rasa ingin tahu dan penguasaan konsep. Mahasiswa belum sepenuhnya berpikir kritis dan sistematis dalam menemukan konsep. Tujuan dari penelitian ini adalah Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui implementasi “Small Research Project” untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah mahasiswa pada mata kuliah Botani Tumbuhan Rendah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya melalui tahap perencanaan (plan), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Small Research Project pada kemampuan berpikir kritis mahasiswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebanyak 27%. Sikap ilmiah mahasiswa dengan kategori baik dan sangat baik mengalami peningkatan dari tahap siklus I dan II sebesar 61%. Simpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah implementasi metode pembelajaran small research project ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah mahasiswa pada mata kuliah botani tumbuhan rendah.

 

Kata kunci : praktikum, small research project, berpikir kritis, sikap ilmiah.


Full Text: PDF