Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS DAN ENTREPRENEURSHIP IV TAHUN 2017

Font Size: 
Pembelajaran Inquiry dan Keterampilan Proses Sains dalam Implementasi Kurikulum IPA di SMP
Siti Patonah, Duwi Nuvitalia, Ernawati Saptaningrum

Last modified: 2017-10-25

Abstract


Abstrak - Diperlukan sumber daya manusia yang mampu beradaptasi dan bertahan hidup di era abad 21. Salah satu penyiapan SDM adalah melalui sarana pendidikan yang di dalamnya terdapat kurikulum. Di tingkat SMP terdapat kurikulum IPA yang pada hakikatnya memuat 3 hal yaitu, sikap, proses dan produk. Model pembelajaran inquiry memiliki potensi untuk melatihkan membelajarkan IPA sesuai dengan hakikatnya, karena sintaknya (observasi, manipulasi, men-generalisasi, verifikasi, dan applikasi) otomatis menggunakan keterampilan proses sains, baik dasar maupun terintegrasi. Keterampilan proses sains dasar meliputi: mengobservasi, mengukur, mengklasifikasi, memprediksi, menyimpulkan, dan mengkomunikasikan. Keterampilan proses sains terintegrasi meliputi: menginterpretasi data, mengidentifikasi variable, memyusun hipotesis, mendefinisikan operasional, melakukan eksperimen, menyusun model.

 

Kata kunci: pembelajaran inquiry, keterampilan proses sains, kurikulum IPA SMP

Full Text: PDF