Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS DAN ENTREPRENEURSHIP IV TAHUN 2017

Font Size: 
Profil Aspek Perilaku Bertanggung Jawab terhadap Lingkungan Siswa SMA Negeri se-Kabupaten Pemalang
Ririn Santoso, Fenny Roshayanti, Fibria Kaswinarni

Last modified: 2017-10-25

Abstract


Abstrak - Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan lingkungan yang meningkat dan sulitnya mengatasi masalah lingkungan yang akut tanpa adanya tanggung jawab masyarakat dalam keterlibatan secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil aspek perilaku bertanggung jawab terhadap lingkungan siswa SMAN se-Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan bulan Mei 2017. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportionate Random Sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMAN se-Kabupaten Pemalang dengan jumlah sampel 351 siswa. Metode pengambilan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Tes yang diberikan menggunakan kuesioner literasi lingkungan berdasarkan MSELS (Middle School Environmental Literacy Survey). Hasil Capaian literasi lingkungan siswa pada aspek perilaku bertanggung jawab terhadap lingkungan yaitu 69,91 (baik) tetapi belum sesuai harapan dengan rata-rata nilai tertinggi SMAN A sebesar 74,81 dan terendah SMAN B sebesar 56,40.

 

Kata Kunci : Literasi Lingkungan Siswa, Perilaku Bertanggung Jawab, MSELS

Full Text: PDF