Last modified: 2017-10-25
Abstract
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat identifikasi isu lingkungan siswa SMA Negeri kelas X se-Kabupaten Batang. Metode penelitian Deskriptif kualitatif, subjek penelitian yang digunakan adalah 400 siswa dari 7 SMA Negeri se-Kabupaten Batang kelas X. Instrumen pengumpulan data adalah soal tes berupa soal pilihan ganda berdasarkan indikator MSELS (Middle School Environmental Literacy Survey)(2008). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum identifikasi isu lingkungan siswa termasuk dalam kategori kurangdan belum mencapai nilai yang diharapkan karena memperoleh nilai rata-rata 37,57. Implikasi dari penelitian ini adalah siswa yang masih kurang dalam mengidentifikasi isu lingkungan agar bisa menjadikan guru biologi di SMAN se-Kabupaten Batang untuk memperbaiki model pembelajaran yang digunakan.
Kata kunci : Analisis, Identifikasi isu lingkungan, Siswa SMA Negeri kelas X se-Kabupaten Batang.