Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS DAN ENTREPRENEURSHIP IV TAHUN 2017

Font Size: 
Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dalam Materi Kepadatan Penduduk dan Lingkungan melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 3 Ngronggot Nganjuk
Khoirin Nadzifah, Mumun Nurmilawati, Dwi Ari Budiretnani

Last modified: 2017-10-25

Abstract


Abstrak - Latar belakang dari penelitian ini berdasarkan pengamatan peneliti di SMP NEGERI 3 Ngronggot Nganjuk pada kelas VII C, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus, dalam setiap siklus terdapat satu pertemuan. Hasil dari penelitian ini yaitu terjadi peningkatan keaktifan siswa dari siklus satu ke siklus dua sebesar 9% dan Peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus satu ke siklus dua sebesar 54%.

 

Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Keaktifan, Hasil Belajar

Full Text: PDF