Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS DAN ENTREPRENEURSHIP IV TAHUN 2017

Font Size: 
Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan, Teknologi, dan Proyek untuk Memberdayakan Kreativitas dengan Tema Energi Terbarukan
Widha Sunarno

Last modified: 2017-10-20

Abstract


Abstrak-Ruang lingkup kajian IPA antara lain meliputi aspek produk, proses, sikap ilmiah, dan aplikasi. IPA sebagai produk berupa tubuh pengetahuan yang terdiri dari konsep, prinsip, hukum, dan teori. Proses IPA terdiri dari ketrampilan-ketrampilan proses untuk mendapatkan dan mengembangkan IPA. Sikap Ilmiah merupakan nilai karakter bagi mereka yang berkecimpung di dalam IPA. Aplikasi IPA merupakan penerapan konsep IPA yang bersifat abstrak dalam bentuk konkrit yang berupa teknologi. Arah pengembangan dan pemanfaatan  teknologi seharusnya disesuaikan dengan potensi dan kearifan lokal yang ada di lingkungan dan dapat menghasikan produk-produk yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Di Indonesia sedang giat-giatnya mengembangkan wawasan Kota Cerdas yang bertumpu pada pengembangan industri kreatif. Dewasa ini kemajuan iptek di tingkat global sudah masuk dalam ranah pengembangan kecerdasan buatan. Bangsa Indonesia membutuhkan generasi yang unggul, inovatif, dan kreatif serta memberikan penguatan ekomoni kerakyatan yang berbasis pada potensi dan kearifan lokal. Sebagai konsekuensinya sistem pendidikan dan pembelajaran khususnya dalam bidang IPA harus mampu memberikan konstribusi dalam pembentukan karakter peserta didik sebagai generasi penerus yang handal di masa depan.

Kreativitas mengandung pengertian  mencari jalan keluar dari gagasan-gagasan lama untuk menemukan gagasan-gagasan baru. Kreativitas merupakan kemampuan menemukan suatu jawaban paling tepat terhadap suatu masalah berdasarkan pada informasi yang tersedia. Pembentukan nilai karakter kreatif dapat dibangun melalui pembelajaran IPA berbasis lingkungan yang dipadu dengan pendekatan proyek dengan mengangkat tema energi baru yang terbarukan. Dengan menggunakan teknologi sederhana diharapkan dapat mengubah limbah yang mengganggu lingkungan menjadi bentuk energi biogas yang bermanfaat untuk memasak. Para mahasiswa yang meyelesaikan tugas akhir dapat diarahkan untuk menghasilkan produk-produk yang dibutuhkan oleh masyarakat, untuk ini mereka dapat melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan.

 

Kata kunci: Hakekat IPA, Kreativitas, Pembelajaran SLT, Pendekatann Proyek, Penelitian dan Pengembangan


Full Text: PDF