Seminar Universitas PGRI Semarang, SNSE III 2016

Font Size: 
Keefektifan Model Pembelajaran Pair Checks Berbantu Bahan Ajar CAI Sub Tema Perubahan Wujud Benda terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Ngaliyan 03 Semarang
Filia Prima Artharina

Last modified: 2016-09-28

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa yang kurang berkonsentrasi dalam menerima pelajaran, kerjasama siswa belum maksimal, dan keaktifan siswa dalam berkelompok kurang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran pair checks berbantu bahan ajar CAI (Computer Asisted Intruction) pada sub tema perubahan wujud benda terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD 03 Ngaliyan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran pair checks berbantu bahan ajar   CAI subtema perubahan wujud benda efektif terhadap prestasi belajar IPA siswa di sekolah dasar. Hal ini berdasarkan analisis data hasil penelitian di SD Negeri 3 Ngalian Semarang yang menunjukkan nilai uji-t yaitu niai thitung = 4,881  dan ttabel = 2,010 sehingga thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima dan rata-rata prestasi belajar IPA siswa mencapai KKM sebesar 82,630 pada kelas ekperimen dan sebesar 76,154 pada kelas kontrol.

Kata kunci : Model belajar pair cheks, CAI, Hasil Belajar

Full Text: PDF