Last modified: 2016-09-28
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa yang kurang berkonsentrasi dalam menerima pelajaran, kerjasama siswa belum maksimal, dan keaktifan siswa dalam berkelompok kurang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran pair checks berbantu bahan ajar CAI (Computer Asisted Intruction) pada sub tema perubahan wujud benda terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD 03 Ngaliyan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran pair checks berbantu bahan ajar CAI subtema perubahan wujud benda efektif terhadap prestasi belajar IPA siswa di sekolah dasar. Hal ini berdasarkan analisis data hasil penelitian di SD Negeri 3 Ngalian Semarang yang menunjukkan nilai uji-t yaitu niai thitung = 4,881 dan ttabel = 2,010 sehingga thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima dan rata-rata prestasi belajar IPA siswa mencapai KKM sebesar 82,630 pada kelas ekperimen dan sebesar 76,154 pada kelas kontrol.
Kata kunci : Model belajar pair cheks, CAI, Hasil Belajar