Last modified: 2016-09-28
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai soal Ulangan Tengah Semester gasal tahun 2015/2016 bidang studi biologi kelas XI di Kota Semarang memuat kemampuan tingkat berpikir kreatif. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 28 Maret sampai 14 Juni 2016. Subjek penelitian adalah sekolah SMA di Kota Semarang yang menggunakan Kurikulum 2013. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif. Analisis data yang digunakan yaitu data reduksi, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil analisis soal UTS yang memuat tingkat kemampuan berpikir kreatif tertinggi terdapat pada soal UTS sekolah S4 sebesar 15%, hasil ini menurut kriteria acuan perhitungan kuantitatif masuk kategori sangat rendah. Hal ini dapat dipengaruhi oleh kemampuan dari siswa, kemauan guru dalam membuat soal yang memuat kemampuan berpikir kreatif serta kebijakan terkait kualitas soal dari masing- masing sekolah.
Kata kunci : Analisis representasi, berpikir kreatif, instrumen asesmen UTS gasal