Last modified: 2016-09-28
Abstract
Sekarang ini dunia berada pada abad 21. Salah satu keterampilan abad 21 yang diharapkan dapat diajarkan di kelas sains yaitu kemampuan scientific reasoning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan scientific reasoning siswa SMA kelas X IPA se Kota Tegal. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2016. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA se Kota Tegal sejumlah 666 siswa. Sampel dipilih menggunakan teknik proportionate stratified random dengan jumlah sampel 250 siswa. Dalam penelitian ini, kemampuan scientific reasoning siswa diukur dengan menggunakan soal tes pilihan ganda bertingkat yang diadaptasi dari Lawson Clasroom Test Of Scientific Reasoning (LCTSR). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan scientific reasoning siswa SMA kelas X IPA se Kota Tegal berada pada tingkat penalaran konkrit. Secara rinci dijelaskan bahwa sebanyak 54% siswa SMA kelas X Kota Tegal berada pada tingkat penalaran konkrit, 42% siswa SMA kelas X Kota Tegal berada pada tingkat penalaran transisi serta sebanyak 4% siswa SMA kelas X Kota Tegal berada pada tingkat penalaran formal.
Kata Kunci : Analisis, Kemampuan Scientific Reasoning, LCTSR