Seminar Universitas PGRI Semarang, SNSE III 2016

Font Size: 
Implikasi Implementasi Wacana Argumentasi pada Pembelajaran Terhadap Penguasaan Konsep
. Prasetiyo

Last modified: 2016-09-28

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan implikasi penerapan wacana argumentasi pada pembelajaran terhadap pemahaman konsep struktur dan perkembangan organ tumbuhan. Intervensi penerapan wacana argumentasi dilakukan terhadap mahasiswa tahun pertama yang memprogram perkuliahan Struktur Perkembangan Tumbuhan. Penelitian dilakukan dengan desain pre eksperimen. Subyek penelitian berjumlah 31 mahasiswa.  Hasil analisis terhadap penguasaan konsep menunjukkan bahwa mahasiswa mampu mengunakan konsep untuk mengidentifikasi dan menyebutkan struktur organ dengan cukup baik, sedangkan penggunaan konsep menyebutkan dan menjelaskan lebih baik, namun demikian belum sepenuhnya mampu menggunakan konsep tersebut untuk menganalisis maupun merepresentasikan pengetahuan. Hal tersebut mengindikasikan kebutuhan terhadap kerangka argumentasi untuk meningkatkan kemampuan menggunakan konsep pada level kognitif yang lebih tinggi.

 

Kata kunci : wacana argumentasi, penguasaan konsep, struktur perkembangan tumbuhan


Full Text: PDF