Last modified: 2016-09-28
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh bahan ajar biomagazine terhadap minat baca dan hasil belajar siswa pokok bahasan interaksi mahluk hidup kelas VII Mts N 1 Semarang. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Subyek penelitian adalah kelas VII F yang berjumlah 34 siswa dan VII D yang berjumlah 36 siswa. Kelas VII F pembelajaran menggunakan bahan ajar biomagazine (kelas eksperimen) dan kelas VII D pembelajaran tanpa bahan ajar biomagazine (kelas control). Penelitian ini menggunakan desain Quasi Experimental dengan bentuk Posttest Only Control Design dengan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Hasil analisis menggunakan uji t satu pihak untuk minat baca menunjukkan bahwa , yaitu >1,67, sedangkan analisis dari hasil belajar menunjukkan bahwa yaitu 2,85 1,67 maka ditolak. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bahan ajar biomagazine.
Kata Kunci : pengaruh, bahan ajar biomagazine, minat baca dan hasil belajar