Seminar Universitas PGRI Semarang, SNSE III 2016

Font Size: 
Penerapan Biomagazine sebagai Bahan Ajar Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Minat Baca dan Hasil Belajar Siswa Mts N 1 Semarang pada Materi Interaksi Mahluk Hidup
Anggit Retnosari

Last modified: 2016-09-28

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh bahan ajar biomagazine terhadap minat baca dan hasil belajar siswa pokok bahasan interaksi mahluk hidup kelas VII Mts N 1 Semarang. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016.  Subyek penelitian adalah kelas VII F yang berjumlah 34 siswa dan VII D yang berjumlah 36 siswa. Kelas VII F pembelajaran menggunakan bahan ajar biomagazine (kelas eksperimen) dan kelas VII D pembelajaran tanpa bahan ajar biomagazine (kelas control). Penelitian ini menggunakan desain Quasi Experimental dengan bentuk  Posttest Only Control Design dengan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Hasil analisis menggunakan uji t satu pihak untuk minat baca menunjukkan bahwa , yaitu  >1,67, sedangkan analisis dari hasil belajar menunjukkan bahwa    yaitu 2,85 1,67 maka  ditolak. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bahan ajar biomagazine.

 

Kata Kunci : pengaruh, bahan ajar biomagazine, minat baca dan hasil belajar


Full Text: PDF