Seminar Universitas PGRI Semarang, SNSE III 2016

Font Size: 
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Melatihkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMP
Sri Wulan

Last modified: 2016-09-28

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Melatihkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMP. Subjek penelitian adalah perangkat pembelajaran dan siswa kelas VIII SMP ISLAM AL KARIMAH KAB. DEMAK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Dick and Carey. Uji coba hasil pengembangan perangkat dalam pembelajaran di kelas menggunakan one group pretest-posttest design. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualititatif. Temuan dari hasil penelitian ini yaitu: Validitas perangkat pembelajaran berkategori baik, keterlaksanaan RPP berkategori baik; aktivitas siswa paling dominan selama pembelajaran adalah melakukan pengamatan; respon siswa terhadap pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dinilai baik; ketuntasan hasil belajar pemahaman konsep siswa dan hasil belajar keterampilan berpikir kritis siswa, rata-rata hasil posttest diharapkan meningkat. Kendala yang akan ditemui selama pembelajaran adalah waktu yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran melebihi waktu yang telah ditentukan. Berdasarkan pembahasan hasil dan temuan-temuan, disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)  yang telah dikembangkan pada materi Ekosistem, Diharapkan layak dipergunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP.

Kata kunci : Experiential Learning, Contextual Teaching and Learning (CTL), Berfikir Kritis.


Full Text: PDF