Seminar Universitas PGRI Semarang, SNSE III 2016

Font Size: 
Reorientasi Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar melalui Metode Permainan Crossword Puzzle terhadap Kognisi Siswa
Tri Puji Wahyuningtyas

Last modified: 2016-09-28

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya pemecahan kognisi siswa pada mata pelajaran IPA dan guru belum menggunakan metode pembelajaran. Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan kemampuan dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui metode permainan crossword puzzle terhadap kognisi siswa dalam meningkatkan reorientasi pembelajaran sains di sekolah dasar. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai kognisi siswa melalui rata-rata nilai pretest sebesar 60,19 dan posttest sebesar 76,54. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode permainan crossword puzzle efektif digunakan sebagai metode pembelajaran.

Kata kunci : Crossword Puzzle, Metode Permainan, Sains


Full Text: PDF