Seminar Universitas PGRI Semarang, SNSE III 2016

Font Size: 
Pola Kemampuan Berpikir Konsep Siswa Sma N 1 Padamara Melalui Pembelajaran Berbasis Bioentrepreneurship Pendekatan Saintifik terhadap Materi Pencemaran Lingkungan
. Mufliah

Last modified: 2016-09-28

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kemampuan berpikir konsep siswa melalaui pembelajaran berbasis bioentrepreneurship terhadap pencemaran lingkungan. perbedaan kemampuan berpikir konsep siswa SMA kelas X melalui dua pembelajaran yaitu bioentrepreneurship dan berbasis masalah. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian True Eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah postest control group design. Sebagai perlakuan pertama digunakan pembelajaran berbasis bioentrepreneurship (kelas eksperimen), perlakuan kedua pada kelas kontrol dilakukan perlakuan pembelajaran berbasis masalah. Hasil yang diperoleh baik pada kelas eksperimen maupun kelompok kontrol pada kegiatan pertama menunjuakkan kemampuan berpikir konsep tertinggi terdapat pada konsep atribut. Hasil yang diperoleh baik pada kelas eksperimen maupun kelompok kontrol pada kegiatan kedua menunjukkan kemampuan berpikir konsep tertinggi terdapat pada konsep keinklusifan. Dari hasil yang diperoleh didapatkan perbedaan pola berpikir konsep antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Perbedaan ini berbeda berdasarkan ururtan kategori konsep. Perbedaan ini disebabkan oleh berbagai faktor yang mempengaruhi cara berpikir konsep siswa.

 

Kata kunci :               Bioentrepreneurship, berpikir konsep, pendekatan saintifik, pola kemampuan berpikir konsep

Full Text: PDF