Seminar Universitas PGRI Semarang, SNSE III 2016

Font Size: 
Instrumen Pengukuran Sikap Ingin Tahu Dan Tidak Mudah Percaya Pada Pembelajaran Biologi
Yunita Lisnaningtyas Utami

Last modified: 2016-09-28

Abstract


Instrumen pengukuran merupakan alat yang sering membantu guru dalam mengumpulkan data tentang kemajuan belajar siswa. Kemajuan belajar siswa pada dasarnya berbanding lurus dengan kualitas pembelajaran yang dikelola oleh guru. Kurikulum 2013, Peraturan Pemerintah dan tujuan pembelajaran Biologi mendukung serta menekankan adanya instrumen pengukuran karakter. Selama ini, belum ada instrumen baku untuk pengukuran nilai karakter yang khas muncul dalam KBM Biologi. Ada beberapa teori yang bisa menjadi dasar pengembangan instrumen ranah afektif siswa (nilai-nilai karakter, sikap ilmiah). Skala psikologi merupakan instrumen yang tepat untuk mengukur karakter. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen pengukuran nilai karakter rasa ingin tahu dan rasa tidak mudah percaya pada kegiatan belajar mengajar biologi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Validitas dan reliabilitas instrumen dengan cara uji coba lapangan. Populasi pada uji coba produk adalah seluruh siswa kelas XI IPA sekecamatan Pati. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel 183 siswa, terbagi dalam 6 kelas yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4 di SMA N 1 Pati dan XI IPA 5, XI IPA 6 di SMA Nasional Pati. Instrumen rasa ingin tahu terdiri dari 26 item valid (muatan faktor 0,410 – 0,672) dan reliabel (α = 0,898). Instrumen rasa tidak mudah percaya terdiri dari  30 item valid (muatan faktor 0,402 – 0,556) dan reliabel (α = 0,804). Skala rasa ingin tahu dan skala rasa tidak mudah percaya layak digunakan.

 

Kata kunci: Instrumen pengukuran, nilai karakter

Full Text: PDF