Seminar Universitas PGRI Semarang, SNSE III 2016

Font Size: 
Isolasi Dna sebagai Dasar Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains
Mia Nurkanti

Last modified: 2016-09-28

Abstract


Inkuiri berasal dari kata to inquire yang berarti ikut serta, atau terlibat, dalam mengajukan pertanyaan-pertanyaan, mencari informasi, dan melakukan penyelidikan. Ia menambahkan bahwa pembelajaran inkuiri ini bertujuan untuk memberikan cara bagi siswa untuk membangun kecakapan-kecakapan intelektual (kecakapan berpikir) terkait dengan proses-proses berpikir reflektif. Jika berpikir menjadi tujuan utama dari pendidikan, maka harus ditemukan cara-cara untuk membantu individu untuk membangun kemampuan itu. Subjek  penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa semester VII di salah satu LPTK swasta di kota Bandung pada tahun 2016. Metodologi yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan rancangan one case shoot study. Data didapat menggunakan Instrumen lembar observasi. Hasil yang diperoleh bahwa dari 3 kelas yang diteliti, rata-rata KPS yang diamati yaitu keterampilan mengamati 80, menerapkan konsep 80, merancang percobaan 80 dan menggunakan alat 70. Kesimpulan dari hasil pengamatan peneliti tentang keterampilan menggunakan alat ada beberapa orang mahasiswa yang kurang terampil padahal telah mengikuti mata kuliah teknologi laboratorium yang pada mata kuliah ini diajarkan dan dipraktekkan menggunakan alat yang sederhana yang biasa dilakukan sehari-hari di laboratorium. Penelitian ini perlu dikembangkan dan disempurnakan dengan mengamati semua aspek keterampilan sains yang lain dan dapat diterapkan pada calon guru prodi lain dengan materi yang berbeda sesuai kebutuhan.

Kata kunci  : inkuiri, keterampilan proses sains, isolasi, DNA

Full Text: PDF