Seminar Universitas PGRI Semarang, SNSE III 2016

Font Size: 
Pembelajaran Karakter pada Anak Retardasi Mental Berbasis ICT
Alexander Dharmawan

Last modified: 2016-09-28

Abstract


Pembelajaran karakter sangat perlu diajarkan terlebih pada anak retardasi mental karena sebagai dasar kecakapan perilaku hidup. Namun mengingat sangat terbatasnya kemampuan anak retardasi mental dalam pembelajaran karakter menyebabkan perlunya pemanfaatan ITC dalam pembelajarannya. Sehingga masalah dalam paper ini yaitu bagaimana membangun media berbasis ICT dalam hal ini berbentuk media game interaktif untuk menanamkan pendidikan karakter pada anak retardasi mental. Tujuan paper ini yaitu mengoptimalkan kecakapan perilaku hidup anak retardasi mental melalui media pembelajaran karakter berbasis game interaktif. Penelitian dilaksanakan di 7 SDLB kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode research and development (R and D). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview mendalam dan terstruktur dengan guru dan orang tua siswa dan dokumentasi. Sedangkan hasil pembahasannya adalah software game interaktif untuk pembelajaran karakter anak retardasi mental ringan sebagai dasar kecakapan perilaku hidup.

 

Kata kunci : retardasi mental, kecakapan perilaku hidup, pembelajaran karakter, game interaktif.

Full Text: PDF