Seminar Universitas PGRI Semarang, sens2

Font Size: 
MODEL STRATEGI PENGEMBANGAN DAYA SAING KONSULTAN JASA KONSTRUKSI
Kartono Wibowo, Djoko Susilo Adhy, Sukarno Budi Utomo

Last modified: 2016-10-22

Abstract


Penelitian ini dilatar-belakangi oleh pentingnya peranan konsultan, kondisi konsultan yang sedang menghadapi banyak permasalahan, serta karena lemahnya daya saing, konsultan Indonesia. Tujuan dari penelitian ini secara umum untuk mendapatkan  model strategi yang dapat digunakan untuk pengembangan daya saing Konsultan. Berdasarkan tingkat eksplanasi / tingkat penjelasan, penelitian ini direncanakan sebagai penelitian asosiatif / hubungan sebab-akibat antara faktor-faktor daya saing,  strategi pengembangan daya saing, dan keunggulan bersaing (kondisi daya saing) konsultan Indonesia. Proses penelitian dilaksanakan dalam beberapa tahap, yaitu identifikasi faktor kunci daya saing dan keunggulan bersaing konsultan  (tahap 1), Perumusan strategi pengembangan daya saing konsultan (tahap 2), Penyusunan Model strategi pengembangan daya saing konsultan (tahap 3). Pengumpulan data dilakukan melalui pembagian kuesioner dan wawancara, dan dianalisis dengan metode kuantititaif dan kualitatif, antara lain Focus GroupDiscussion (FGD) dan seminar. Beberapa kesimpulan yang dapat diambil antara lain adanya faktor kunci yang dapat menunjukkan dayasaing perusahaan konsultan yaitu kesehatan / perkembangan jangka panjang perusahaan dan pelayanan pada pelanggan, faktor kunci yang dapat mempengaruhi daya saing perusahaan konsultan dapat dikelompokkan dalam Kondisi Internal perusahaan konsultan (sistem manajemen dan sumber daya perusahaan) serta kondisi eksternal perusahaan konsultan (lingkungan pekerjaan/proyek /mikro, kondisi persaingan usaha, kondisi persaingan usaha). Faktor Strategi pengembangan daya saing perusahaan konsultan dapat dikelompokkan dalam Strategi inovatif  untuk pengembangan, Strategi Penyesuaian Lingkungan serta Strategi Penyesuaian Lingkungan. Berdasarkan berbagai faktor diatas, dpat dibuat model Strategi pengembangan daya saing konsultan Indonesia yang pada dasarnya bahwa dengan diketahuinya kondisi internal dan eksternal perusahaan konsultan, dapat diketahui strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan daya saingnya

Full Text: PDF