Seminar Universitas PGRI Semarang, SENS

Font Size: 
ANIMASI BERBICARA BAHASA INDONESIA BERDASARKAN DATABASE MOTION CAPTURE WAJAH
Aripin Aripin, Hanny Haryanto, Achmad Basari

Last modified: 2015-11-12

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membangun animasi berbicara Bahasa Indonesia dari database motion capture wajah.  Motion capture adalah teknologi perekam gerekan dan mengkonversi gerakan tersebut ke dalam bentuk model gerakan digital[1]. Proses perekaman ini dilakukan dengan cara merekam gerakan para aktor yang anggota tubuhnya telah ditempeli marker (penanda). Pada penelitian ini, penggunaan motion capture digunakan untuk menghasilkan karakter animasi berbicara yang realistik. Pembahasan penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu  perekaman motion capture wajah aktor, mendesain karakter animasi wajah, pemetaan marker-marker wajah pada bone-bone karakter animasi wajah, integrasi dengan speech dan eksperimen serta pengujian subyektif terhadap animasi berbicara yang dihasilkan. Pengujian subyektif dilakukan pada 30 orang pemakai yang menilai kesuaian antara ucapan dengan gerakan mulut yang dihasilkan aplikasi. Sedangkan, kalimat yang digunakan dalam pengujian ini berjumlah 10 kalimat berbahasa Indonesia. Penilaian hasil pengujian subyektif menggunakan metode Mean Opinion core (MOS). Hasil perhitungan metode MOS adalah 4.1016 dengan range nilai 1 s.d. 5 yang menunjukan bahwa tingkat kesuaian antara ucapan dan gerakan mulut adalah bagus. Hal ini berarti animasi berbicara Bahasa Indonesia yang dihasilkan dalam penelitian mendekati realistik.

Kata Kunci : database motion capture; animasi berbicara; kalimat berbahasa Indonesia; marker (penanda)


Full Text: 258-266