Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 5 EKOSISTEM KELAS V SD NEGERI KAYEN 05 PATI
Widya Prasetyaningtyas, Finne Refiane, Husnul Hadi

Last modified: 2018-09-07

Abstract


Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Student Teams Achievement Division berbantu media Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada tema 5 ekosistem kelas V SD Negeri Kayen 05 Pati. Jenis Penelitianini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Eksperimental Design dengan model One-Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kayen 05 Pati tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 35 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes (pretest-posttest), wawancara, dan observasi. Hasil dari nilai rata-rata posttest 85,71 dan nilai rata-rata pretest63,14. Peningkatan nilai pretest-posttest yang dihitung melalui uji gain yaitu 0,83 termasuk kategori tinggi. Hal ini karena diterapkannya model pembelajaran STADberbantu media puzzle. Berdasarkan analisis uji t diketahuithitung lebih besar dari ttabelyaitu 9,02> 2,03 maka Ho ditolak dan Ha diterimasehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model STADberbantu media puzzle pada tema 5 Ekosistem efektif terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: ModelStudent Teams Achievement Division, Media Puzzle, Tema Ekosistem, Hasil Belajar


Full Text: PDF