Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL PISK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA CITA-CITAKU KELAS IV SD
Nanda Yudo Utomo

Last modified: 2018-09-07

Abstract


Abstrak:. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran interaktif dengan setting kooperatif (PISK) terhadap hasil belajar siswa pada tema cita-citaku kelas IV SD Negeri Kalicari 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Eksperimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kalicari 01 Semarang tahun 2017/2018. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas IVB berjumlah 30 siswa dengan teknik Non probability Sampling berbentuk purposive sampling. Hasil analisis data penelitian diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 61,3 dan nilai posttest sebesar 78,13
dengan N= 30 sehingga diperoleh hasil thitung = 7,119 untuk mengetahui ttabel digunakan rumus db= N-1 = 30-1=29 dengan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel=
2,042. Karena nilai thitung (7,119) > ttabel (2,042) maka Ha diterima sehingga model PISK berpengaruh terhadap hasil belajar siswa tema cita-citaku kelas IV SD Negeri
Kalicari 01 Semarang. Besarnya pengaruh model PISK diukur melalui uji regresi linier sederhana dengan melihat koefisien determinasi data sebesar r2= 0,46 dengan
bentuk persentase diperoleh r2= 46% sehingga dapat disimpulkan model PISK berpengaruh terhadap hasil belajar siswa tema cita-citaku kelas IV SD Negeri Kalicari 01 Semarang sebesar 46%.

Kata kunci: Hasil Belajar Tema Cita-citaku, Model PISK

Abstract: The purpose is achieved in this research is to know the influence of interactive learning model with cooperative setting (PISK) against the results of
student learning on the theme of my aspiration class IV SD Negeri Kalicari 01Semarang. Type of this research is quantitative research in the form of preExperimental Design with the design of One-Group Pretest-Posttest Design. The population of the research was the whole grade IV SD Negeri Kalicari 01 2017/2018
Semarang. Samples taken is the whole grade IVB 30 students with techniques of Non probability Sampling purposive sampling-shaped. The results of the analysis of research data obtained average value of pretest posttest and value amounted to 61.378.13 with N = 30 so that thitung = 7.119 results obtained to know ttabel formula used db = N-1 = 1 = 29-30 with a 5% significant level obtained ttabel = 2.042. Because the
value of thitung (7.119) > ttabel (2.042) then the Ha received so that the model PISK effect on student learning outcomes theme my aspiration class IV SD Negeri Kalicari 01 Semarang. The magnitude of the influence model PISK measured through simple
linear regression test to look at the coefficient of determination r2= 0.46 registration data with the percentage of retrieved r2= 46% so that the models can be inferred PISK effect on student learning outcomes theme my aspiration class IV SD Negeri Kalicari 01 Semarang of 46%.

Keywords: Results of a Study Theme my aspiration, Model PISK


Full Text: PDF