Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTU MEDIA FLEEP BOOK MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD N SUMBERJO 03 KEC. REMBANG
Lani Sapti Asih, Qori’ati Mushafanah, Muhajir Muhajir

Last modified: 2018-09-07

Abstract


Latar Belakang pada penelitian ini adalah (1) sejarah sebagai salah satu mata pelajaran dari Ilmu Pengetahuan Sosial memiliki citra buruk dikarenakan sifatnya yang berupa dokumen tertulis sehingga menjadikannya dirasa sulit dan membosankan, (2) karakteristik pada siswa kelas V SD Negeri Sumberjo 03 masih suka bermain dan ramai sendiri, (3) pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya ranah sejarah kurang inovatif sehingga siswa cenderung asyik dengan kesibukannya sendiri, (3) masih terdapat banyak siswa yang mendapatkan nilai UTS kurang dari 70 (4) ketidaksesuaian model dan media dengan karakteristik materi ajar sehingga tujuan belajar sulit untuk dicapai, dan (5) guru belum pernah menggunakan model Scramble berbantu media fleep book maker.Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model scrambleberbantu media fleep book maker berpengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD Negeri Sumberjo 03 Kec. Rembang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain pre-eksperimental. Bentuk yang dipilih yaitu paired t-test. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes bentuk pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri Sumberjo 03 Kec. Rembang dengan jumlah 17 siswa. Dengan pengambilan sampel sebanyak 17 siswa.Berdasarkananalisis uji t satu pihak (pihak kiri) didapat bahwa |thitung | >  ttabelyaitu thitung = 8,327 dan ttabel = 1,739, artinya terjadi peningkatan hasil belajar IPS kelas V SD Negeri Sumberjo 03 Kec. Rembang sebelum dan sesudah perlakuan. Perolehan ketuntasan belajar perorangan dalam kelas eksperimen yaitu 17 siswa tuntas dengan presentase 100% dan nilai rata-rata 82,05. Dengan demikian dapat disimpulkan model scrambleberbantu media fleep book makerberpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa SD Negeri Sumberjo 03 kec. Rembang.

Kata Kunci = model Scramble, fleep book maker, hasil belajar

 

Abstract : Background in this research is (1) history as one of the subjects from Social Sciences have bad image due to its nature in the form of written document making it difficult and boring, (2) the characteristic in grade V SD Sumberjo 03 students still like (3) Social Science lessons especially less innovative historical areas so that students tend to be preoccupied with their own busyness, (3) there are still many students who get UTS score less than 70 (4) mismatch models and media with the characteristics of teaching materials so the learning objectives are difficult to achieve, and (5) the teacher has never used the media assisted Scramble model fleep book maker. The objectives to be achieved in this research is to know the effect of scramble model assisted media fucing book maker influential on the results of learning Social Sciences of class V students SD Negeri Sumberjo 03 Kec. Rembang. This type of research is quantitative with experimental methods and pre-experimental design. The selected form is paired t-test. The data collection tool used is a multiple-choice form test. The population in this research is the students of grade V SD Negeri Sumberjo 03 Kec. Rembang with a total of 17 students. With the sampling of 17 students. Based on the analysis of t test one party (the left side) obtained that | titung | > ttable ie tcount = 8.327 and ttabel = 1.739, it means an increase in learning results IPS class V SD Negeri Sumberjo 03 Kec. Rembang before and after treatment. Obtained complete learning of individuals in the experimental class of 17 students complete with 100% percentage and average value 82.05. Thereby can be concluded model of media assisted scramble fleep book maker influence to result of study of IPS student SD Negeri Sumberjo 03 kec. Rembang.

Keyword = Scramble model, flip book maker, learning result


Full Text: PDF