Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA TEMA CITA-CITAKU KELAS I
Indah Rusmawati, Wijonarko Wijonarko, Joko Sulianto

Last modified: 2018-09-07

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada tema Cita-Citaku melalui penggunaan model Team Games Tournament pada siswa kelas IVB SD Negeri Jomblang 01 Semarang. Bentuk penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian pre-experimental design. Jenis desain yang digunakan dari pre-experimental design ini adalah desain one group pretest-posttest design (satu kelompok pretest-posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVB di SD Negeri Jomblang 01 Semarang yang berjumlah 40 siswa, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil analisis data penelitian diperoleh nilai awal (pretest) 68,95 dan nilai akhir (posttest) 77,675. Berdasarkan analisis uji T diketahui  (6, 843 > 2,021)  ditolak dan  diterimaartinya terdapatpeningkatanhasilbelajarkognitif denganpenerapan model pembelajarankooperatif tipeTGT (Time Games Tournament).

Kata Kunci: Model Pembelajaran TGT dan Hasil Belajar Kognitif

 

Abstract:The purpose of the study is to improve students’ cognitive abilities on the theme “My Dream is” through the use of  Team Games Tournament model to the 4th grade class B students of SD Negeri Jomblang 01 Semarang. The form of this research is quantitative with pre-experimental design research method. The type of design used from this pre-experiment design is the one group pretest-posttest design. The population in this research is all students of 4th grade class B in SD Negeri Jomblang 01 Semarang which is known 40 students, consist of 19 male students and 21 female students. The sampling technique uses saturated sampling.The data accumulation technique used in this research is interview, observation, documentation, and test. The analysis data result of the research obtained by the beginning score (pretest) 68,95 and final score (posttest) 77,675. According to the analysis T trials is known  (6, 843 > 2,021) )  rejected and  accepted which is mean that there is an increasement in the cognitive learning outcomes through application on the cooperative learning model type TGT (Time Games Tournament).

Keyword: TGT learning model and cognitive learning outcomes


Full Text: PDF