Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFANMAKE A MATCH BERBANTU KARTU BERGAMBAR MATERI HARGA DIRIUNTUK PEMBELAJARAN PKN KELAS III SD
Nitia Saraswati, Rustopo Rustopo, Mudzanatun Mudzanatun

Last modified: 2018-09-07

Abstract


Abstrak:Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Make a Match berbantu media Kartu Bergambar terhadap hasil belajar PKn materi harga diri siswa kelas III SD N Sendangmulyo 03Semarang. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas III SD N Sendangmulyo 03Semarang ditemukan bahwa hasil pembelajaran di sekolah tersebut masih rendah. Hal tersebut dibuktikan dari nilai ulangan harian siswa masih berada di bawah KKM (70). Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan Pre Experimental Design yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Desain. Populasi dan sampel yang diambil penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD N Sendangmulyo 03Semarangyakni 38 siswa. Hasil pretest menunjukkan bahwa persentase klasikal pretest (55,26%) sedangkan pada persentase klasikal posttest (100%), serta berdasarkan hasil uji t diketahui thitung lebih dari ttabel (4,619> 1,687).Hasil rata-rata nilai pretest menunjukkan bahwa dari 38 siswa hanya 21 siswa yang mendapat nilai di atas KKM (70), dan 17 siswa masih mendapat nilai di bawah KKM. Kemudian setelah diberikan treatment, hasil  nilai posttest dari 38 siswa semua mendapat nilai tuntas di atas KKM (70), dan dari pengujian ketuntasan belajar klasikal hasil belajar siswa secara keseluruhan mencapai persentase lebih dari 85% yaitu 100%.  Kesimpulan bahwa model pembelajaran Make a Matchberbantu media Kartu Bergambar efektif terhadap hasil belajar siswa.  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan saran yang dapat disampaikan adalah agar model pembelajaran Make aMatch berbantu media Kartu Bergambar dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.

Kata Kunci: Make a Match,Media Kartu Bergambar, Hasil Belajar

 

Abstract:The purpose of this research is to know the effectiveness of Make a Match model with Picture Card media to the result of learning PKn self-esteem material of third grade students of SD N Sendangmulyo 03Semarang. Based on interviews with third grade teacher SD N Sendangmulyo 03Semarang found that the learning outcomes at the school is still low. This is evidenced from the student's daily test score is still below the KKM (70). The type of this research is experiment using Pre Experimental Design which used is One-Group Pretest-Posttest Design. The samples taken are 38 students of class III. The data in this research is obtained through documentation, test, and interview.The pretest result shows that the percentage of classical pretest (55.26%) while on the classical percentage of posttest (100%), and based on test result t is known tcount more than t table (4,619>1,687). Average result of pretest value indicate that from 38 students only 21 students who scored above the KKM (70), and 17students still scored below the KKM. Then after being treated on learning, the result of posttest value from 38 studentsall students who got the complete value above KKM (70), and from the completion test of classical learning result of student learning as a whole reaching percentage more than 85% that is 100%. The conclusion that the learning model of Make a Match help the Picture Card media to effectively student learning outcomes.Based on the results of research conducted suggestions that can be delivered is that Make a Match learning model help Picture Card media can be used as an alternative teacher in teaching.

Keywords: Make a Match. Picture CardMedia. Learning Outcomes


Full Text: PDF