Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
MUSIK SEBAGAI VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH INKLUSI
Ari Widyaningrum

Last modified: 2018-09-07

Abstract


Penggunaan musik dalam media pembelajaran tentunya berdampak pada proses pembelajaran. Hal itu dikarenakan musik merupakan salah satu cara untuk merangsang pikiran, sehingga siswa dapat menerima materi pelajaran dengan baik. Selain merangsang pikiran, musik juga dapat memperbaiki konsentrasi, ingatan, meningkatkan aspek kognitif, fisiologis, dan juga kecerdasan emosional. Musik mempengaruhi perasaan siswa yang akan berpengaruh pada proses belajar mengajar. Sedangkan sekolah inklusi adalah sekolah harus mengakomodasi semua anak tanpa memandang kondisi fisik, intelektual, sosial emosional, linguistik atau kondisi lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meganalisa musik sebagai variasi media pembelajaran di sekolah inklusi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analitis. Adapun yang menjadi sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru kelas, teman-teman siswa ABK dan teman-teman siswa reguler. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan pengisian angket. Hasil temuan menunjukkan pelaksanaan pembelajaran inklusi di SD N Mororejo 2 Kaliwungu Kendal menggunakan media pembelajaran berbasis pendidikan seni. Implementasi pendidikan seni dapat dianalisa pada penggunaan media pembelajaran yang dipakai pada kegiatan belajar mengajar. Pada proses belajar mengajar guru menggunakan musik dengan lirik yang berisikan materi pelajaran yang diberikan pada siswa. Disini dapat dianalisa bagaimana media pembelajaran yang dipakai, materi yang disampaikan, cara penggunaan media, respon siswa terhadap media dan materi pembelajaran serta hasil evaluasi. Kesimpulannya adalah Media pembelajaran yang digunakan dengan menggunakan musik dapat membuat anak-anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi menjadi lebih fokus pada materi pembelajaran dan mereka dapat mengikuti dan memahami konten materi pelajaran dengan mudah dan cepat.

Kata Kunci : Musik, Media Pembelajaran, Inklusi

 

Abstract. The use of music in a media learning to promote disorder to clearly affects the the learning process. It is because music is one way to stimulate our mind , so that students can receive the subject matter well. In addition to stimulate our mind , music can also repair
concentration , memory , improve cognitive aspects , physiological , and also emotional intelligence .Music appeal to feelings students who will have an impact on the teaching and learning process .While the school inclusion is schools had to accommodate all children without looking at the physical condition of , intellectual , emotional social , linguistic or other conditions.This report is written with the purpose of analyzes music as variations in school of inclusion of media. The study is done by using the method qualitative is descriptive analytical.As for that became a source primary data in this research was class teachers, friends ABK students and friends regular students. Technique data collection used is interview, observation, and filling in
chief.The outcome of the findings show presentation weighting inclusions in primary school Mororejo 2 kaliwungu kendal uses the media learning based education the art. The implantation of the education of art can be were analysed in media uses of learning which he worn in teaching and learning activities. On the teaching and learning process teachers use the music with lyrics about that contains the subject matter given to their students .Here can were analysed how media worn , the material that was delivered , how to operate media , response to the media and students learning material as well as the results evaluation . The conclusion is media used with use the music can make children with special needs in school of inclusion of become more focus to the matter of learning and they can follow and understand content the subject matter easily and quickly.

Keywords: Music, Listening of Media, Inclusion


Full Text: PDF