Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI ANAK KELAS IV SDN 03 KELANGDEPOK PEMALANG
Dihlis Intan Nur Putri Utami, Diana Endah Handayani, Singgih Adhi Prasetyo

Last modified: 2018-09-06

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola asuh orang tua terhadap prestasi anak kelas IV di SDN 03 Kelangdepok Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian ini adalah orang tua, anak dan guru kelas IV. Data
dalam penelitian diperoleh melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua memiliki peran penting dalam perkembangan prestasi. Tidak hanya pola asuh, ada faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi anak yaitu anak itu sendiri dan guru kelas. Ada orang tua dengan pola asuh yang baik
anak berprestasi baik, orang tua dengan pola asuh yang baik namun anak berprestasi kurang baik ataupun sebaliknya karena masih ada faktor pendukung yaitu bakat anak dan guru kelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa selain pola asuh dari orang tua, ada faktor lain yang dapat mempengaruhi perkembangan prestasi yaitu anak itu sendiri dan guru kelas.

Kata kunci: pola asuh orang tua, prestasi anak

 


Abstract: This research aims to identify the parenting toward the children’s achievement of fourth grade students of SDN 03 Kelangdepok Pemalang. Type of research in this study is descriptive qualitative method. The subject of the research are parents children and teachers of class IV. The data of this research is obtained through, observation, questionnaires, interview and documentation. The result of this research shows that parenting has an important roles in development of children’s achievement. Not only the pattern of care, there are other factors that can affect the child's achievement of the child itself and the classroom
teacher. There are parents with good upbringing children good achievers, parents with good parenting but children do not perform well or vice versa because there is still a supporting factor of child talent and teacher class. So, it can be concluded that besides the parenting, there are another factors influencing the development of their achievement which are the children themselves and the teachers.

Keyword: parenting, children’s achievement