Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
EFEKTIVITAS MODEL TAKE AND GIVE BERBANTU MEDIA DIOREK MINI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI EKOSISTEM SISWA KELAS V
Ulfi Khoirun Nisa, Harto Nuroso, Fine Reffiane

Last modified: 2018-09-06

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Take and Give berbantu media diorek mini terhadap hasil belajar kognitif materi ekosistem siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Pre -Experimental Design. Bentuk desain penelitian ini yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gabus 01 Pati tahun pelajaran 2017/2018. Teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik non tes dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disumpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Take and Give berbantu media diorek mini dan setelah menggunakan model Take and Give berbantu media diorek mini pada materi eksosistem. Hal ini didukung oleh terjadinya peningkatan nilai kognitif siswa kelas V sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan yaitu sebesar 18,94. Hal ini juga berdasarkan analisis data menggunakan uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu 5,690> 2.001 maka H0 ditolak Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model Take and Give berbantu media diorek mini efektif terhadap hasil belajar

Kata kunci: Efektivitas, Model Take And Give, Media Diorek Mini, Hasil Belajar Kognitif


ABSTRACT: The purpose of this study is to determine the effectiveness of Take and Give model assisted mini diorek media to the cognitive learning outcomes of students of class V ecosystem. This type of research is quantitative with Pre-Experimental Design design. The form of this research design used is one-group pretest-posttest design. The population of this research is all students of class V SDN Gabus 01 Pati academic year 2017/2018. The sampling technique used is non probability sampling. The data in this study was obtained through non-test techniques and tests. Based on the results of research that has been done can be collected that there are differences in student learning outcomes before using the take and give model assisted media diorek mini and after using the take and give model assisted mini diorek media on the material eksosistem, this is supported by the increase of cognitive value isswa class V before treatment and after treatment that is equal to 18,94. It is also based on data analysis using t test obtained thitung> ttabel that is 5,690> 2.001 then H0 rejected Ha accepted. Based on the results of the research it can be concluded that the take and give model of media help diorek mini effective against learning outcomes.

Keywords: Effectiveness, Take And Give Model, Diorek Mini Media, Cognitive Learning Outcomes

 

Full Text: PDF