Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TYPE TEAM GAME TOURNAMENT PADA MATA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 04 TLAGASANA PEMALANG
Yanuar Khoirul Wildan

Last modified: 2018-09-06

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini salah satunya adalah Guru mengajar secara konvensional tanpa menggunakan model pembelajaran karena terbatasnya pengetahuan sehingga kurang membangunkan keantusiasan siswa dalam belajar IPA.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Design (nondesigns) dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 04 Tlagasana Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang.Sampel yang diambil adalah 16 siswa kelas V SDN 04 Tlagasana Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan analisis akhir yang telah dilakuakan terlihat dari hasil angket posttest dan pretest yang menunjukkan pembelajaran dengan model pembelajaran team game tournament lebih baik daripada menggunakan pembelajaran konvensional. Hal tersebut diperkuat dengan hasil perhitungan uji t motivasi belajar menunjukkan bahwa diketahui lebih besar dari  (18,4192>2,1314) maka  ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa diterima, artinya nilai angket postest siswa setelah menggunakan model pembelajaran Tema-Game-Tournamentdinyatakan motivasi belajar siswa meningkat.Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Game Tournamentdapat meningkatkan motivasi belajar IPA materi penjumlahan daur air siswa kelas V SDN 04 Tlagasana Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang.

Kata kunci : Model Team Game Tournament, Motivasi Belajar

 

Abstract:Background that encourages this research is one of them is Teachers teaching conventionally without using the model of learning because of limited knowledge so that less awaken keantusiasan students in learning science. This type of research is quantitative research with Pre-Experimental Design (nondesigns) design with One-Group Pretest-Posttest Design type. The population of this study is all students of grade V SDN 04 Tlagasana District Watukumpul Pemalang District. Samples taken are 16 students of grade V SDN 04 Tlagasana District Watukumpul Pemalang District. The data in this research is obtained through observation, documentation, and test. Based on the final analysis that has been done, it can be seen from the posttest and pretest questionnaire which shows the learning with the game team tournament learning model is better than using conventional learning. This is reinforced by the result of t test of motivation to learn show that known t_ (count) bigger than t_ (table) (18,4192> 2,1314) then H_0 rejected. So it can be concluded that H_aditerima, meaning the value of students postest questionnaire after using the Game-Tournament Theme model is expressed students' learning motivation increases. Based on the above results, it can be concluded that the learning model Team Game Tournament can increase the motivation to learn science matter of water element addition of grade V SDN 04 Tlagasana District Watukumpul Pemalang Regency.

Keywords: Model Team Game Tournament, Motivation Learning

 


Full Text: PDF