Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA KOKAMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA INDAHNYA NEGERIKU KELAS IV SD
Ofy Nelynda Putri Pradana, Rahmat Rais, Arfilia Wijayanti

Last modified: 2018-09-06

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre-ekspeimental designs dengan bentuk One-Goup-Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri  Rejosari 01 Semarang  tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 34 siswa. Teknik pengambilan sampel (sampling) yang digunakan pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes,  dokumentasi, dan wawancara.Hasil analisis statistik uji-t diperoleh 2,035. Dari daftar distribusi t dengan db=N-1 dan taraf nyata 5% diperoleh sebesar 8,562 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya hasil belajar Tema Indahnya Negeriku Subtema Indahnya Keragaman Budaya di Negriku siswa kelas IV sebelum dan sesudah perlakuan tidak sama.Dapat dikatakan bahwa model Snowball Throwing secara signifikan efektif untuk meningkatkan Hasil Belajar Tema Indahnya Negeriku subtema Indahnya Keragaman Budaya di Negeriku siswa kelas IV SDN Rejosari 01 Semarang.Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah model pembelajaran Snowball Throwing yang berbantu media KOKAMI efektif terhadap pembelajaran Subtema Indahnya Keragaman Budaya di Negeriku kelas IV, sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran. pembelajaran tematik dengan model Snowball Throwing ini dapat meningkatkan hasil belajar sesuai dengan situasi, kondisi sekolah, dan sesuai kebutuhan.

Kata kunci: model Snowball Throwing, hasil belajar, Indahnya Negriku, Indahnya Keragaman Budaya di Negriku

 

Abstrack: This type of research is quantitative research in the form of pre-expeimental designs with the form of One-Goup-Pretest-Posttest Design. The population of the study were all fourth grade students of SD Negeri Rejosari 01 Semarang in academic year 2017/2018. Samples taken are all students of class IV as many as 34 students. Sampling technique used in this research is non probability sampling with saturated sampling type. The data in this study was obtained through tests, documentation, and interviews. The result of t-statistical analysis is obtained 2,035. From the list of distribution t with db = N-1 and 5% real level obtained by 8.562 so Ho is rejected and Ha accepted means learning result Beautiful Theme Negeriku Subtema Beautiful Cultural Diversity in Negriku grade IV students before and after treatment is not the same. It can be said that the Snowball Throwing model is significantly effective for improving Learning Outcomes Beautiful Theme My Country Subtema Beautiful Cultural Diversity in My Country IV Graders SDN Rejosari 01 Semarang. Based on the results of this study suggestions that can be submitted is a model of learning Snowball Throwing assisted KOKAMI media effective against learning Subtema Beautiful Cultural Diversity in Negeriku class IV, so it can be used as an alternative in learning. thematic learning with Snowball Throwing model can improve learning outcomes according to the situation, school conditions, and as needed


Full Text: PDF