Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTU BOX MEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 TEMA BENDA, HEWAN, DAN TANAMAN DI SEKITARKU KELAS I SDN KARANGASEM 03 BATANG
Tri Arischa

Last modified: 2018-09-05

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan, dalam proses pembelajaran yang berlangsung kurang aktif dikarenakan ada beberapa peserta didik yang masih pasif, kurang mendalami materi pembelajaran dan takut untuk mengungkapkan pendapatnya. Hal tersebut juga adanya perbedaan tingkat kemampuan siswa dalam belajar sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh model pembelajaran Example Non Example Berbantu Box Media terhadap hasil belajar siswa kelas 1 tema benda, hewan, dan tanaman di sekitarku kelas I SDN Karangasem 03 Batang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Eksperimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah menggunakan teknik sampling purposive yaitu satu kelas yakni siswa kelas 1 SDN Karangasem 03 Batang Tahun Pelajaran 2017/2018. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes (pretest-posttest), wawancara terstruktur dan kegiatan observasi. Hasil dari nilai prettest dengan rata-rata 58,75 dan nilai posttest dengan rata-rata sebesar 82,5. Berdasarkan hasil analisis uji t diketahui thitung lebih dari ttabel (11,757 ≥ 2, 005) maka Ha diterima dan H0 ditolak serta Ketuntasan Hasil Belajar pada kelas yang sudah diberi perlakuan sebesar 89,29%. sedangkan persentasi Ketuntasan Hasil Belajar sebelum diberi perlakuan sebesar 21,43%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar  siswa tema benda, hewan, dan tanaman di sekitarku setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example Berbantu Box Media lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang sebelum diberi perlakukan.

Kata Kunci: Box Media, Model Pembelajaran Example Non Example, Hasil Belajar, Tema Hewan, Benda, dan Tanaman di Sekitarku.

 

Abstract: This research is based on the lack of variation of learning model that is used, in the learning process which is less active because there are some students who are still passive, lack of learning materials and are afraid to expressed their opinions. It is also the difference level ability of the students in learning, so that affect student learning outcomes. The purposed of this study is to find out how the influenced the model of learning example non example using box media against the results of learning, and the themes are things, animals and plants  around us, on class I SDN Karangasem 03 Batang year 2017/2018. This research is a quantitative research in the form of Pre-Experimental Design with One-Group Pretest-Posttest Design. The population of this research was used sampling purposive technique that is one class that is student of class 1 SDN Karangasem 03 Batang in year 2017/2018. Data in this study were obtained through tests (pretest-posttest), structured interviewed and observation activities. The result of the prettest value with an average of 58,75 and the posttest value with an average of 82,5. Based on result of t test analysis known tcount more than t table (11,757≥ 2, 005) it meant Ha accepted and H0 rejected and completeness of the result of learning in class which have been gave treatment equal to 89,29%. while the percentage of learning result completeness before being treated by 21,43%. So it can be concluded that the learning outcomes of the theme things, animals and plants  around us are treated by using example non example learning model assisted by box media is better than the students' learning outcomes before being treated.

Keywords: Box Media, Example non Example learning model, Learning Outcomes, theme are things, animals, plants Around Us


Full Text: PDF