Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY BERBANTU MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 01 SOWANLOR JEPARA
Nurtia Oktaviani, Kiswoyo Kiswoyo

Last modified: 2018-09-05

Abstract


Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya penerapan model SAVI berbantu papan flanel terhadap hasil belajar IPA siswa SDN 01 Sowanlorpenelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Eksperimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 01 Sowanlor Jepara tahun pelajaran 2017/2018.Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 27 siswa dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk sampling jenuh. setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model Somatic Auditory Visualization Intellectuallymenggunakan Papan Flanel materi Organ Pernapasan Manusia terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 01 Sowanlor  Jepara. Pada aspek kognitif diperoleh rata-rata untuk pretest sebesar 60 dan posttest sebesar 82,15 dengan N= 26 jadi db= N-1 = 26-1=25 yang diperoleh thitung =2,75  dengan taraf α= 0,05 didapat nilai ttabel = 2,06. Karena thitung (3,002) > ttabel (2,06) maka Ha diterima sehingga ada perbedaan hasil belajar IPA menggunakan  model Somatic Auditory Visualization Intellectually dengan Papan Flanel materi Organ Pernapsan Manusia.Dari nilai Psikomotorik dan Posttest dilakukan uji regresi untuk melihat hubungan satu arah antar variabel yang lebih khusus.Setelah melakukan perhitugan dapat disimpulkan bahwa aspek psikomotorik mempengaruhi hasil posttest sebesar 81%.Sehingga model Somatic Auditory Visualization Intellectually menggunakan Media Papan Flanel berpengaruh terhadap hasil belajar IPA.

Kata Kunci : ModelSAVI, Media Papan Flanel, Organ Pernapasan Manusia, Hasil Belajar IPA

 

Abstract: This research is to know how the influence of the implementation of SAVI model assisted the flannel board to the learning outcomes of SDA 01 SDN 01 Sowanlorpeneliti quantitative research in the form of Pre-Experimental Design with the design of One-Group Pretest-Posttest Design.Population of this research is all students of grade V SDN 01 Sowanlor Jepara lesson year 2017 / 2018. Samples taken are all students of class V that amounted to 27 students using Nonprobability Sampling technique in the form of saturated sampling. after getting treatment by using Somatic Auditory Visualization Intellectually model using Flannel Board of Human Respiratory Body Material to the learning result of science class V SDN 01 Sowanlor Jepara. In the cognitive aspect obtained the average for pretest of 60 and posttest of 82.15 with N = 26 so db = N-1 = 26-1 = 25 obtained thitung = 2.75 with the level α = 0.05 obtained ttable value = 2.06. Because thitung (3,002)> ttable (2.06) then Ha is accepted so that there are differences in learning outcomes of IPA using Somatic Auditory Visualization Intellectually model with Flannel Board material Organ Pernapsan Manusia.Dari value Psychomotor and Posttest conducted regression test to see the one-way relationship between variables more specific.After making pertitugan it can be concluded that the psychomotor aspects affect posttest results of 81% .So the Somatic Auditory Visualization Intellectually model using Flannel Board Media affect the science learning outcomes.

Keywords: SAVI Model, Flannel Board Media, Human Respiratory Organs, Science Study Result


Full Text: PDF