Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH METODE GASING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN SISWA KELAS II
Kiky Dialisa

Last modified: 2018-09-05

Abstract


Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya metode gasing (gampang asyik menyenangkan) terhadap hasil belajar matematika siswa SDN Botosengon 01 Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre eksperimental One-Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Botosengon 01 Kabupaten Demak tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas II yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik sampling Non Probality Sampling. Berdasarkan analisis data hasil penelitian telah mendapatkan perlakuan bahwa hasil belajar Matematika yang dihitung menggunakan Uji-t dengan jumlah= 20 siswa dengan rata-rata Pretest 50,8 dan posttest 80,2 Hasil analisis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 9,016 dan koefisien tersebut signifikan pada taraf 5% dengan derajat kebebasan n-1 = 19 maka diperoleh ttabel = 2,093 yaitu diperoleh hasil thitung = 9,016 ≥ ttabel = 2,093 sehingga Ha diterima Ho ditolak. Sehingga dapat dikatakan bahwa “Penerapan Metode Pembelajaran Gasing (Gampang Asyik Menyenangkan) Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN Botosengon 01 Kabupaten Demak” diterima kebenarannya.

Kata kunci: Metode Gasing , Hasil Belajar Matematika


Abstract: Problems revealed in this research is how influential method of gasing (easy fun fun) on the results of learning mathematics class II SDN Botosengon 01 Demak District. The objective to be achieved in this research is to know how the influence of the method of gasing (pleasant fun fun) to the students' mathematics learning result SDN Botosengon 01 Kabupaten Demak. This type of research is quantitative. The research design used was Pre Experimental One-Group Pretest-Posttest. The population used in this study is all students of class II SDN Botosengon 01 Demak District, amounting to 20 students. Sampling used in this research is sampling technique of Non Probality Sampling. The data in this study is obtained through the tested question by measuring and calculating the validity, reliability, degree of difficulty, and distinguishing power. Data analysis in this study using the test of normality, test mastery learning, and t-test.

Keywords: Method (easy, fun, and fun), Learning Outcomes Mathematics



Full Text: PDF