Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PEMBELAJARAN IPS DENGAN PLAY THERAPY MELALUI METODE JOYFUL LEARNING UNTUK SISWA INKLUSI
Ferani Mulianingsih

Last modified: 2018-09-04

Abstract


Indonesia merupakan negara yang rawan akan bencana, Pengetahuan, pemahaman dan keterampilan berprilaku dalam mencegah, menditeksi, mengansipasi bencana secara efektif dapat ditransformasikan, disosialisasikan melalui pendidikan IPS yang secara khusus membahas mengenai isu-isu masalah sosial. Model pembelajaran monoton juga menjadi faktor penghambat keberhasilan pembelajarann IPS tentang materi kebencanaan. Salah satu jenis anak berkebutuhan khusus yang membutuhkan program pendidikan pengembangan kemandirian atau Bina Diri yaitu anak tunagrahita ringan. Anak tunagrahita mengalami keterlambatan, atau lambat dalam perkembangan mentalnya, sehingga mengalami keterlambatan dalam melakukan sesuatu jika dibandingkan anak lain pada usia yang sama. Metode play therapy atau terapi permainan adalah penggunaan media permainan dalam pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus yang bertujuan untuk mengurangi atau menghilangkan gangguan-gangguan atau penyimpangan-penyimpangan. Joyful learning merupakan permainan yang dapat membantu peningkatan kemampuan sensor motorik dan sosial emosi.

Kata kunci : Joyful learning, Pembelajaran IPS, Play Therapy

 

Abstract: Indonesia is a country prone to disasters, Knowledge, understanding and behavioral skills in preventing, detecting, and disseminating disaster effectively can be transformed, socialized through IPS education that specifically addresses issues of social issues. The monotonous learning model is also a factor inhibiting the success of IPS learning about disaster materials. One type of children with special needs that require independence or self-development education program is a child with mild tunagrahita. Child tunagrahita experience delays, or slow in mental development, so experiencing delays in doing something when compared to other children at the same age. The method of play therapy or game therapy is the use of game media in learning in children with special needs which aims to reduce or eliminate disturbances or deviations. Joyful learning is a game that can help improve the ability of motor and social sensor emotions.

 

Keywords: Joyful learning, IPS Learning, Play Therapy


Full Text: PDF