Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA SUB-TEMA KEBERSAMAAN DI TEMPAT WISATA
Farah Fina Nikmatin Wahidah, Joko Sulianto, Veryliana Purnamasari

Last modified: 2018-09-04

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya pembelajaran yang dilakukan oleh guru di SDN Pendrikan Lor 01 Semarang. Permasalahan ini berawal dari kurangnya kemampuan bercerita siswa kelas II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bercerita menggunakan media boneka tangan tergolong efektif untuk meningkatkan kemampuan bercerita pada sub tema kebersamaan di tempat wisata kelas II. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain penelitian posttest-only control design. Populasi penelitian adalah siswa kelas II yang diambil, yaitu siswa kelas II A dan kelas II B dengan total 51 siswa menggunakan teknik sampling jenuh. Berdasarkan hasil posttest siswa setelah mengalami perlakuan dimana hasil uji t diketahui bahwa nilai thitung = 13,612 dan nilai ttabel = 2,010. Dikarenakan thitung> ttabel,maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa metode bercerita menggunakan media boneka tangan efektif meningkatkan kemampuan bercerita pada sub-tema kebersamaan di tempat wisata siswa kelas II SDN Pendrikan Lor 01 Semarang.

Kata kunci: metode bercerita, media boneka tangan


Abstract: This research was based on the teacher didn’t teach optimally in the learning at SDN Pendrikan Lor 01 Semarang. This problem started from the low ability of telling story of the second graders. This research had purpose to find out whether telling story method using handed-doll media was effective to increase telling story ability at sub theme of togetherness in receation place of the second graders. The type of research was quantitative with posttest-only control design. Population of research was the second graders taken from the students of II A and II B with total 51 students by total sampling technique. Based one the result of posttest of the students after implementation where the result of t test known that the score of tcount = 13,612 and ttable = 2,010. Because of tcount > ttable, so, Ho was rejected and Ha was accepted. It could be concluded that telling story using handed-doll media was effective to increase the ability of telling story at sub-theme of togetherness in recreation place of the second graders in SDN Pendrikan Lor 01 Semarang.

 

Key words: telling story method, handed-doll media


Full Text: PDF