Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
ANALISIS KARYA CETAK TUNGGAL MELALUI TEKNIK MENCETAK PADA MATA PELAJARAN SBdP KELAS II SD NEGERI 03 SEDAYU
Evi Nur Setyo Mahanani, Diana Endah Handayani, Singgih Adhi Prasetyo

Last modified: 2018-09-04

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya tingkat kemampuan anak pada kelas II Sekolah Dasar dalam memadupadankan unsur-unsur seni rupa ketika membuat karya cetak tunggal melalui teknik mencetak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis dalam pemberian variasi warna, bentuk, dan media yang terdapat pada unsur seni rupa dalam membuat karya cetak tunggal pada siswa kelas II di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan cara peningkatan ketekunan dan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan collecting data, reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verifikasi (conclusion). Instrumen dalam penelitian ini adalah human instrument (peneliti). Sumber data dalam penelitian ini adalah karya cetak tunggal melalui teknik mencetak yang dibuat oleh siswa kelas II SD Negeri 03 Sedayu. Berdasarkan hasil analisis penelitian, karya yang buat oleh siswa kelas II di SD Negeri 3 Sedayu sudah termasuk dalam kategori gambar yang berbentuk dan didalamnya sudah terdapat unsur-unsur rupa. Karya siswa tersebut dapat dibedakan menjadi tiga golongan hasil karya yaitu berbentuk pada golongan 1, 2 dan 3. Pada golongan 1 visual karya bisa terlihat jelas dan mudah dikenali dengan komposisi yang tepat. Dan pada gologan 2 visual karya terlihat, dengan komposisi yang kurang proporsi. Sedangkan pada golongan 3 visual susah dikenali dengan komposisi yang tidak sama. Keterbatasan penelitian ini yaitu penulis hanya meneliti tiga unsur rupa saja, yang terdiri dari warna, bentuk, dan media. sehingga unsur-unsur rupa yang terdapat dalam karya cetak tunggal melalui teknik mencetak yang dibuat oleh siswa kelas II SD belum sempat dikaji lebih dalam. Maka penulis berharap penelitian analisis ini dapat berkelanjutan. Saran untuk guru agar lebih teliti dalam memberikan nilai pada hasil karya yang dibuat oleh siswa. Guru juga harus membuat kriteria dalam penilaian sehingga tidak hanya melihat sekilas dari tampilan karya siswa saja. Penilaian yang dibuat guru yaitu berdasarkan unsur-unsur rupa yang berupa warna, bahan, dan media yang digunakan oleh siswa dalam membuat karya.

 

Kata Kunci: karya cetak tunggal, teknik mencetak, unsur rupa


Abstract: This research is motivated by the lack of ability level of children in the second grade of elementary school in mixing and matching the elements of fine arts when making a single print job through printing technique. This study aims to describe and analyze in giving variations of colors, shapes, and media contained in the art element in making a single print on the second grade students in elementary school. This type of research is qualitative with descriptive method. Technique of collecting data is done by interview, observation, and documentation. Checking the validity of data by increasing persistence and triangulation. Data analysis techniques use collecting data, data reduction (data reduction), data presentation (data display), and verification (conclusion). Instrument in this research is human instrument (researcher). Sources of data in this study is a single print job through printing techniques made by second grade students of SD Negeri 03 Sedayu. Based on the results of the research analysis, the work made by the second grade students in SD Negeri 3 Sedayu has been included in the category of shaped images and therein already contained elements of the form. The work of the students can be divided into three classes of work that is shaped in groups 1, 2 and 3. In class 1 visual works can be seen clearly and easily recognizable with the right composition. And on gologan 2 visual works are seen, with a composition that is less of a proportion. While the class 3 visual difficult to recognize with a composition that is not the same. Limitations of this research is the author only examines the three elements of the course, which consists of colors, shapes, and media. so that the visual elements contained in a single print through printing techniques made by grade 2 elementary students have not been studied more deeply. So the authors hope this research analysis can be sustainable. Suggestions for teachers to be more accurate in giving value to the work created by students. Teachers also have to make criteria in the assessment so that they not only see at a glance from the students' work. Assessment made by the teacher is based on the elements of form in the form of colors, materials, and media used by students in making works.

 

Keywords: single print, printing technique, visual elements


Full Text: PDF