Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
MUSIK SEBAGAI SALAH SATU METODE TERAPI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH
Eka Sari Setianingsih

Last modified: 2018-09-04

Abstract


Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara, salah satunya adalah program pendidikan inklusi. Dalam pendidikan inklusi, perbedaan dipandang sebagai sumber belajar, daripada sebagai sebuah masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media musik pada pembelajaran di sekolah inklusi. Penelitian ini menggunakan metode  Research and Development (R & D). Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah anak berkebutuhan khusus yang ada di SD N 2 Mororejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah pengembangan media musik bagi anak berkebutuhan khusus di kelas inklusi. Metode pembelajaran dengan menggunakan media musik telah dilaksanakan, yang  membuat siswa antusias, senang dalam belajar, mengembangkan kognitif dalam memahami materi belajar, meredam emosi serta mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berkomunikasi dengan teman sebayanya.

Kata kunci: metode, terapi musik, ABK, pendidikan inklusi


Abstract: Education is a conscious and planned to create an atmosphere of learning and learning that students actively the potency of himself to have religious spiritual power, self control, personality, noble moral intelligence, and skills needed him, the community, of the nation, one of these is the inclusion of education program .Inclusion in education, the difference is seen as a source of learning, rather than as a problem. This study attempts to develop the inclusion of music on learning in schools. This study in a research and development  (R&D). The subject of the research is children with special needs disabled athletes in SMP N 2 Mororejo Kaliwungu district in Kendal .Data collection techniques using observation, interview, the survey and documentation. Data analysis techniques used in this research is a technique triangulation data. The result of this research loan as seoul could develop music media to all boys and girls with special needs disabled athletes in the class of inclusion. The learning methods he continued with uses the media music had been conducted were, who makes a student to lose their enthusiastic about her three way, it is great to be in learning one who is , develop cognitive in understanding book or a course, come to terms with the the emotions as well as unable to improve the a belief in themselves a student to lose their in communications with their peers.

Keywords: methode, music theraphy , children with special needs, education inclusion

Full Text: PDF