Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD BERBANTU MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI
Aulia Fitri Asih, Sunan Baedowi, Henry Januar Saputra

Last modified: 2018-09-04

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisisPengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Berbantu Media Kartu Kuartet Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Permukaan Bumi Pada Kelas 03 Sekolah Dasar Negeri Sari 02 Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Eksperimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Sari02 Demak tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk sampling jenuh. Hasil analisis terhadap motivasi belajar matematika siswa yang dihitung menggunakan Uji-t dengan jumlah= 20 siswa dengan rata-rata pretest = 55,2 dan posttest = 76,4 diketahui berdasarkan perhitungan diperoleh t-hitung sebesar 7,394 sedangkan t-tabel 2,093 dengan db N-1= 20-1=19, dengan taraf signifikan 0,05 sebesar 2,093  karena t-hitung > t-tabel yaitu 7,394> 2,093 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Berbantu Media KartuKuartet Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Permukaan Bumi Pada Kelas 03 Sekolah Dasar Negeri Sari 02 Demak.

Kata kunci : Hasil belajar, Model STAD.

 

Abstract: This study aims to determine and analyze the Influence Learning Model Cooperative Learning Type STAD Assisted Media Card Quartet Against Science Results Earth Material Surface Material In Class 03 State Elementary School Sari 02 Demak. This type of research is quantitative research in the form of Pre-Experimental Design with One-Group Pretest-Posttest Design design. The population of this study is all students of class III SD Negeri Sari 02 Demak academic year 2017/2018. Samples taken were all students of class III which amounted to 20 students using Nonprobability Sampling technique in the form of saturated sampling. The result of the analysis on students' mathematics motivation which is calculated using t-test with the number = 20 students with pretest average = 55.2 and posttest = 76.4 known based on the calculation obtained t-count equal to 7.394 while t-table 2.093 with db N -1 = 20-1 = 19, with a significant level of 0.05 of 2.093 because t-count> t-table is 7.394> 2.093 then H0 is rejected and Ha accepted. So it can be said that there is Influence Learning Model Cooperative Learning Type STAD Assisted Media Card Quartet Against Science Results Material Earth Surface Appearance In Class 03 State Elementary School Sari 02 Demak.

Keywords: Learning outcomes, STAD Model.


Full Text: PDF