Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
PROFIL PEMAHAMAN KONSEPTUAL MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA TENTANG RING PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR 2 DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA
Maya Rini Rubowo, Dewi Wulandari

Last modified: 2017-09-28

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemahaman konsep Ring pada mahasiswa pendidikan Matematika setelah digolongkan dalam kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian adalah mahasiswa Matematika yang telah menempuh mata kuliah Struktur Aljabar 2 (Teori Ring). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang mahasiswa perempuan yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah yang diperoleh melalui tes kemampuan matematika. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes pemahaman konsep Ring yang dilanjutkan dengan wawancara. Dengan menggunakan triangulasi waktu untuk mengecek keabsahan data maka tes tertulis dan wawancara dilakukan 2 kali untuk keperluan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Subjek 1 dapat mendefinisikan dan menunjukkan suatu Ring memenuhi sifat-sifat secara detail dan terperinci.Subjek 2 mampu mengidentifikasi suatu Ring atau bukan Ring dengan menyebutkan dan menunjukkan memenuhi sifat-sifat meskipun ada komponen yang tidak disebutkan. Selain itu, tidak menyertakan penjelasan operasi yang melekat di dalamnya dan kurang teliti dalam pengerjaan.Subjek 3 dapat menuliskan definisi Ring. Namun, belum lancar dan kurang lengkap dalam menunjukkan satu persatu sifat-sifatnya. Subjek 3 menganggap bahwa identitas perkalian selalu 1 dan identitas penjumlahan selalu 0.

 

Kata Kunci : Pemahaman konsep, Ring, kemampuan matematika


Full Text: PDF