Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC DAN MODEL PEMBELAJARAN NHT BERBANTU HANDBOOK DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA
Fithrotuz Ulfa

Last modified: 2017-09-28

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran CIRC dan model pembelajaran NHT berbantu Handbook ditinjau dari representasi matematis siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs NU Nurul Huda Semarang tahun pelajaran 2016/ 2017. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling terpilih tiga sampel yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1, kelas VII D sebagai kelas eksperimen 2 dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji anava satu arah dan uji scheffe’. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar model pembelajaran CIRC berbantu Handbook, model pembelajaran NHT berbantu Handbook dan model pembelajaran konvensional ditinjau dari representasi matematis siswa; (2) model pembelajaran CIRC berbantu Handbook sama efektif model pembelajaran NHT berbantu Handbook; (3) model pembelajaran CIRC berbantu Handbook lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional; (4) model  pembelajaran NHT berbantu Handbook lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perbedaan model pembelajaran CIRC dan model pembelajaran NHT berbantu Handbook ditinjau dari representasi matematis siswa SMP.

 

Kata Kunci : CIRC, NHT, Handbook, representasi matematis siswa


Full Text: PDF