Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBENTUK BROSUR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI STATISTIKA DI SMA
Ratna Ika Saputri

Last modified: 2017-09-28

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbentuk brosur dengan pendekatan kontekstual terhadapĀ  kemampuan pemecahan masalah pada materi statistika di SMA, sehingga menghasilkan bahan ajar yang valid. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dimana dalam tahapannya terdiri dari lima tahapan yaitu analisys, design, development, implementation,evaluation. Sebelum diujicobakan bahan ajar matematika berbentuk brosur terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Selain itu diperlukan juga angket tanggapan siswa mengenai media tersebut. Hasil dari validasi ahli media, materi dan angket tanggapan siswa berkriteria sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Perhitungan analisis akhir dengan menggunakan uji t pihak kanan, diperoleh rata-rata kelas eksperimen dan rata-rata kelas kontrol. Berdasarkan analisis akhir dengan menggunakan uji t pihak kanan, diperoleh nilai yaitu 5,2182 > 1,6652, maka Ho ditolak, artinya rata-rata nilai dari kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata nilai kelas kontrol. Ketuntasan belajar individu untuk kelas eksperimen terdapat 32 siswa yang tuntas dari 38 siswa. Dan untuk kelas kontrol terdapat 16 siswa yang tuntas dari 40 siswa. Ketuntasan belajar klasikal untuk kelas eksperimen sebesar 84,2% dan untuk kelas kontrol sebesar 40%. Artinya bahan ajar matematika berbentuk brosur yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran pada materi statistika. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan bahan ajar matematika berbentuk brosur dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi statistika di SMA valid (layak) dan efektif digunakan sebagai bahan ajar.

Kata Kunci: Bahan ajar, Brosur, Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Pemecahan Masalah.


Full Text: PDF