Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
PERBEDAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERBANTUAN CABRI 3D TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Eka Jaya Apriatna

Last modified: 2017-09-28

Abstract


Proses pembelajaran yang didominasi guru belum memberikan kesempatan siswa berkembang secara mandiri dan membuat siswa merasa jenuh, sehingga dilakukan penelitian dengan menerapkan pembelajaran aktif serta dengan bantuan software cabri 3D yang dapat menampilkan bangun ruang secara tiga dimensi untuk membantu siswa memahami materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model Project Based Learning dan Inside Outside Circle berbantuan Cabri 3D terhadap hasil belajar siswa materi bangun ruang sisi datar. Hasil belajar siswa pada penelitian ini dibatasi pada ranah kognitif saja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen yang dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 1 Rembang. Beberapa uji yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: uji anava satu arah didapatkan kesimpulan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa menggunakan model PBL berbantuan Cabri 3D dengan hasil belajar siswa menggunakan model IOC berbantuan Cabri 3D, dan juga dengan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional. Uji t satu pihak kanan didapatkan kesimpulan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model PBL berbantuan Cabri 3D dan hasil belajar siswa menggunakan model IOC berbantuan Cabri 3D lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional. Uji t dua pihak didapatkan kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan antara hasil belajar siswa menggunakan model PBL berbantuan Cabri 3D dan hasil belajar siswa menggunakan model IOC berbantuan Cabri 3D.

 

Kata Kunci: PBL, IOC, Cabri 3D


Full Text: PDF