Last modified: 2017-09-28
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu fokus pembelajaran matematika. Kenyataannya, siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan soal pemecahan masalah khususnya dalam menyelesaikan soal non-rutin. Tujuan penelitian mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah siswa SMP pada materi aljabar. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek sebanyak 21 siswa. Instrumen penelitian soal tes uraian kemampuan pemecahan masalah materi aljabar yang telah dirancang berdasarkan indikator pemecahan masalah dengan langkah Polya serta wawancara terhadap subjek sebagai triangulasi. Hasil penelitian sebanyak 81% (17 siswa) dapat mengidentifikasi kecukupan data untuk pemecahan masalah; sebanyak 57% (12 siswa) dapat membuat model matematik dari suatu situasi atau masalah sehari-hari dan menyelesaikannya; sebanyak 33% (7 siswa) dapat memilih dan menerapkan strategi untuk menyelesaikan masalah matematika dan atau di luar matematika; dan sebanyak 15% (3 siswa) dapat menjelaskan atau menginterpretasikan hasil sesuai permasalahan asal, serta memeriksa kebenaran hasil atau jawaban.