Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
MICROTEACHING MAHASISWA CALON PENDIDIK IKIP PGRI JEMBER: APERSEPSI UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Lutfiyah Lutfiyah, Ria Amalia

Last modified: 2017-09-28

Abstract


Apersepsi yang dilakukan di awal pembelajaran yang baik dapat mempengaruhi proses pembelajaran selanjutnya. Dengan adanya apersepsi, maka pembelajaran akan lebih menyenangkan dan mengispirasi peserta didik. Oleh karena itu, perlu adanya latihan guna penyampaian apersepsi oleh mahasiswa. Artikel ini mengkaji tentang pelaksanaan microteaching mahasiswa calon pendidik IKIP PGRI Jember khususnya pada bagian apersepsi. Bagaimana apersepsi yang dilakukan saat pembelajaran matematika oleh mahasiswa? Sudah sesuaikah apersepsi dengan tujuan pembelajaran yang dilakukan dan mampu membangkitkan motivasi peserta didik dalam belajar matematika yang efektif?. Apersepsi yang dilakukan mahasiswa microteaching masih perlu variasi dan diperbaiki agar dapat memotivasi peserta didik dalam belajar matematika.

Kata Kunci: apersepsi, pembelajaran, matematika.


Full Text: PDF