Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH DENGAN BANTUAN BUKU SISWA KELAS VIII SMP DARUL HIKMAH JEMBER
Dwi Noviani Sulisawati, Eric Dwi Putra

Last modified: 2017-09-28

Abstract


Kurangnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan saat menghadapi soal-soal yang diberikan oleh guru dan rendahnya aktivitas belajar siswa di kelas seringkali menjadi penyebab rendahnya ketuntasan hasil belajar siswa di kelas VIII C SMP Darul Hikmah Jember yang hanya mencapai 60%. Proses pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan yang timbul tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sehingga juga mampu meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan buku siswa yang juga berisikan berbagai masalah yang harus diselesaikan oleh siswa.  Penelitian ini dilakukan di SMP Darul Hikmah Jember dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII C tahun pelajaran 2015/2016. Pelaksanaan penerapan pembelajaran dilakukan selama 2 minggu dengan 5 kali tatap muka di kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, dan dokumentasi. Data penelitian yang telah didapatkan, dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif yakni dengan menggambarkan kondisi yang terjadi selama pembelajaran melalui nilai-nilai telah yang terkumpul setelah proses pengambilan data selesai. Berdasarkan hasil data penelitian dan penarikan kesimpulan dari penelitian ini dapat disarankan bahwa pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan buku siswa berbasis masalah dapat dijadikan sebagai alternative pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Darul Hikmah Jember.

Kata Kunci: Pembelajaran berbasis masalah, Buku Siswa, Masalah.


Full Text: PDF